Image
creative ideas for beautiful homes

Hadirkan Keceriaan di Bulan Ramadan dengan Kombinasi Warna Pada Interior Rumah

Jakarta posted on 18.03.2019

Sebagai salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim, Ramadan merupakan momen berharga untuk bermetamorfosis menjadi individu yang lebih baik. Selama 1 bulan, umat Muslim diwajibkan berpuasa dengan menahan nafsu, serta diharapkan dapat lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyambut bulan yang suci ini. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah mempersiapkan fisik untuk menjalani puasa. Dengan fisik yang prima, ibadah puasa bisa dijalani dengan baik. Selain itu, kondisi tubuh yang sehat juga membantu Anda melewati aktivitas sehari-hari, tanpa merasa cepat lelah atau mengantuk.

Selain melalui persiapan fisik, bulan Ramadan jugaidentik dengan transformasi pada hunian Anda. Tentunya hal ini juga untuk mempersiapkan momen perayaan Hari Raya Idul Fitri. Untuk menciptakan perubahan pada tampilan interior rumah, Anda tidak perlu melakukan renovasi besar-besaran. Dengan pemilihan kombinasi warna, Anda sudah bisa menciptakan suasana baru untuk menyambut bulan yang suci. Selain itu, beberapa kombinasi warna juga dapat membangun keceriaan pada momen berkumpul bersama keluarga.

Ada beragam kombinasi warna yang bisa Anda terapkan pada interior rumah. Namun, perlu diingat bahwa setiap warna tunggal dan kombinasinya memberikan efek psikologis yang berbeda. Di bawah ini merupakan beberapa kombinasi warna untuk membangun keceriaan pada hunian Anda dalam menyambut bulan Ramadan.

Ruang Tamu

Sebagai area penerimaan tamu, ruangan ini menjadi area pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk memamerkan pesona hunian sebelum beralih ke ruangan-ruangan lain yang bersifat lebih privat. Untuk ruang tamu, Anda bisa memilih kombinasi warna putih dan krem yang dapat diterapkan pada dinding.

Warna putih sendiri sering dikaitkan dengan kesucian dan menjadi salah satu warna yang cukup dominan dalam perayaan Idul Fitri setelah Ramadan. Warna putih dengan nuansa ashy seperti Cream Pie dapat menjadi alternatif yang cantik jika Anda bosan dengan warna putih polos. Sementara itu, corak krem yang lebih tua seperti Windsor Cream atau Memories bisa digunakan pada dinding dengan foto atau lukisan sebagai focal point ruangan.

Ruang tamu kontemporer dengan kombinasi krem dan broken white yang hangat. Sumber foto: http://www.laceainarie.com/1539704061-combi8-0c09f0119bbab8dd.html

 

Untuk menciptakan tampilan yang dramatis, cat dinding finishing halus berwarna krem pastel dengan nuansa merah seperti Almond Kiss atau Coastal Wood dengan dapat diterapkan pada salah satu dinding. Anda juga bisa menggunakannya untuk menonjolkan lukisan pada dinding. Kombinasi-kombinasi ini cocok dipadu padankan dengan furnitur bergaya modern classic, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dikawinkan dengan desain kontemporer.

Ruang Makan

Ruang ini merupakan tempat berkumpul keluarga atau sahabat untuk menikmati sahur, sajian buka puasa, atau sarapan setelah salat id. Untuk membangun atmosfer hangat, kombinasi warna merah dan putih bisa Anda terapkan pada interior ruang makan.

Warna merah sendiri dikenal dapat meningkatkan nafsu makan dan banyak digunakan oleh restoran-restoran cepat saji. Corak merah yang lebih kalem seperti Tree Delights dan Spice Jar bisa menjadi senjata utama Anda untuk menciptakan suasana yang hangat dan bersahabat. Warna putih sendiri bisa Anda aplikasikan pada kursi makan, upholstery, serta kusen pintu dan jendela. Kombinasi ini tampil cantik, baik untuk ruang makan bergaya kontemporer maupun klasik.

Perpaduan desain kontemporer dan sentuhan Asia di ruang makan dalam dominasi muted red dan aksen putih pada bantalan kursi dan trim dinding. Sumber foto: https://www.kaodim.sg/blog/5-best-colours-dining-room-revealed/

 

Penggunaan lampu berwarna warm white dan finishing mengkilap pada dinding juga membantu mendapatkan efek hangat yang diinginkan. Sebagai alternatif, Anda bisa menerapkan corak oranye yang kaya dan pekat seperti Deep Spice dan Volcano untuk mengganti warna merah, tanpa menghilangkan suasana hangat dan ceria.

Ruang Keluarga

Selain menjadi pusat kegiatan keluarga, ruang keluarga juga berperan sebagai area resepsi tamu yang bersifat informal. Anda bisa menciptakan atmosfer yang lebih santai dan sejuk pada ruangan ini melalui kombinasi warna-warna sejuk.

Kombinasi warna biru dan putih dapat menjadi pilihan yang tepat untuk ruang keluarga bergaya kontemporer atau vintage. Dinding berwarna biru pastel dengan nuansa violet seperti Summer Sky, Serene Blue, atau Pool Party dapat menonjolkan pesona furnitur klasik bercat putih. Selain itu, kedua warna ini juga cocok dipadukan dengan set sofa atau kursi berwarna ash atau abu-abu muda bernuansa cokelat.

Ruang keluarga bergaya vintage dengan sentuhan shabby chic, dalam balutan biru pastel. Sumber foto: http://pulehupizza.com/vintage-living-room-ideas-for-your-options/vintage-style-living-room-ideas-vintage-living-room-design-vintage-living-room-cabinet/

 

Sebagai alternatif warna sejuk lainnya, Anda bisa memadukan warna hijau jeruk nipis dengan warna putih. Identik dengan nuansa Islami, pilihan warna lime green seperti Balcony View, Neon Light, atau Lime Grove cocok untuk melengkapi interior ruang keluarga bergaya modern atau Mid-century. Dengan furnitur-furnitur bernuansa retro, ruang keluarga akan tampil bergaya dan suasana sejuk dan dapat terbangun.

Jika Anda ingin menggunakan warna putih sebagai warna dominan, warna biru atau hijau bisa Anda terapkan pada dinding di belakang televisi sebagai focal point. Corak biru atau hijau yang lebih gelap pun bisa Anda pilih. Untuk menyiasati atmosfer yang terlalu kaku, pemilihan lampu dengan warna cool light dapat membantu menceriakan suasana.

Dapur

Kegiatan memasak untuk sahur atau berbuka puasa tentunya menyenangkan. Anda bisa memberikan keceriaan yang lebih besar melalui pemilihan warna dinding dapur. Kombinasi warna ceria seperti kuning lemon dan cokelat dapat menjadi pilihan. Corak kuning seperti Lemon Burst dan Wild Yellow dapat menjadi warna dominan.

Dinding dapur berwarna muted lemon, serta counter dan kabinet dapur berwarna cokelat tua. Sumber foto: https://www.cil.ca/Colour/Rooms-By-Colour/Kitchens/Newborn-Kitchen

 

Untuk melengkapinya, warna cokelat tua bisa menjadi pasangan yang tepat untuk diterapkan pada furnitur dapur dan menciptakan tampilan kontras. Pastikan Anda menggunakan cat dengan proteksi antibakteri agar dinding terlindung dari jamur dan kotoran. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Selamat mencoba!

All Comments(0)

Comments

Image