• home /
  • inspiration /
  • ideas /
  • inspiration wall /
  • cerita dekorasi /
  • desain interior untuk ruang tamu kecil atau sempit
Image
creative ideas for beautiful homes

Desain Interior Untuk Ruang Tamu Kecil atau Sempit

Jakarta posted on 04.01.2019

Ruangan sempit bisa dibuat tampak lebih besar dengan trik tipuan mata agarmenjadikannya lebih luas dari ukuran sebenarnya. Konsep ini merupakan kunci untuk menciptakan ruang dengan keajaiban visual.

Ketika mulai mendesain yang terpenting adalah berpikir bila ide desain interior ruang tamu berukuran reguler tidak semuanya cocok untuk ruangan sempit. Bagi keluarga yang tinggal di rumah minimalis biasanya mengaplikasikan trik ruang vertikal secara optimal dengan tujuan untuk mengalihkan perhatian dari ruangan yang terbatas.

Berikut beberapa gagasan yang menjelaskan bagaimana ide visual bisa menciptakan ruangan tampak lebih besar.

Cermin membuat ilusi ruangan lebih banyak

Cermin yang diletakkan di tempat strategis akan memberikan ilusi banyak ruang. Apabila diposisikan di pusat, tepat di belakang sumber cahaya maka akan menciptakan titik fokus dan sinar akan terpantul sehingga membuat ruangan tampak lebih lapang.

Sementara cemin yang diletakkan di seberang jendela akan memantulkan cahaya alami, sehingga menciptakan ilusi jendela kedua. Pada tatanan ini pandangan mata terhadap ruang tamu jadi seperti lebih besar dari sebenarnya.

Warna netral secara visual memperluas ruang

Penggunaan warna terang pada dinding serta lantai dapat menambah rasa sejuk dan secara visual memperluas ruangan. Warna-warna tersebut akan menciptakan efek cahaya, sehingga membuat ruangan terlihat cantik.

Di samping itu juga dapat memantulkan cahaya yang membuat penerangan lebih optimal. Sedangkan warna lembut kombinasi terang menciptakan efek menenangkan.

Furniture minimalis

Saat memilih furniture untuk ruangan sempit yang terpenting adalah mempertimbangkan berat secara visual. Konsep ini mengacu pada kombinasi desain, ukuran serta warna. Sofa berwarna terang lebih cocok daripada yang gelap.

Demikian pula dengan meja kopi berlapis kaca lebih pas dibandingkan dengan yang seluruhnya terbuat dari kayukarena bisa membuat cahaya melewatinya sehingga membantu dalam menciptakan kesan ruangan lebih lebar.

Alihkan perhatian dari lantai

Dinding dan jendela merupakan komponen penting pada ruangan sempit. Keberadaannya dapat menarik perhatian dari ruang lantai yang terbatas.

Jendela bisa dikombinasikan dengan tirai panjang hingga menyentuh lantai untuk meningkatkan ruang vertikal. Apabila mata menatap ke atas, perhatian pada ukuran ruang sebenarnya akan teralihkan.

Meletakkan lukisan berukuran kecil hingga sedang di dinding juga bisa mengalihkan perhatian pada ruangan sempit. Namun tetap harus disesuaikan karena jika terlalu banyak justru efek yang diinginkan tidak akan tercipta.

Mengurangi bisa memperluas

Furniture yang terlalu berlebihan pada ruangan kecil tidak akan berguna karena bisa memakan tempat. Sebaiknya lebih selektif dalam memilih perabotan untuk memaksimalkan ruang yang tersedia. Berat secara visual juga sangatlah penting.

Jika sofa terlihat memenuhi ruangan, sebaiknya gantilah dengan satu set meja minimalis yang diatur sedemikian rupa mengelilingi meja kopi. Kursi tanpa lengan bahkan lebih baik untuk melonggarkan ruangan. Analisis pilihan yang tepat akan membantu Anda lebih pintar mendekorasi ruangan sempit.

All Comments(0)

Comments

Image