Image
creative ideas for beautiful homes

Cara Menghitung Total Harga Cat Tembok Untuk Pengecatan Rumah

Jakarta posted on 21.02.2019

Mengecat dinding rumah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Faktor pemilihan warna adalah hal yang penting untuk menyesuaikan karakter rumah Anda. Selain itu, kualitas cat juga perlu Anda perhatikan. Cat dengan kualitas terbaik biasanya memiliki daya tahan yang lama dan bisa bertahan dalam segala kondisi cuaca. Faktor berikutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah anggaran yang diperlukan dalam pengecatan tersebut.

Nah, menghitung harga cat tembok untuk pengecatan rumah ini yang cukup challenging untuk dilakukan, terutama bila ruangan yang akan dicat lebih dari satu dan cukup luas. Bagaimana cara menghitungnya? Berikut ulasannya.

Mengapa perhitungan estimasi biaya pengecatan penting?

Menghitung biaya pengecatan memang penting bagi Anda yang ingin merenovasi rumah sendiri. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mempersiapkan berapa besaran uang yang dibutuhkan sejak awal. Dalam menghitung anggaran tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Contohnya saja adalah luas ruangan yang akan di cat, pemilihan cat yang sesuai, hingga harga cat per satuannya.

Untuk itu, dibutuhkan  kejelian agar tidak salah hitung yang pada akhirnya membuat pengeluaran semakin membengkak. Kabar baiknya, saat ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi kalkulator untuk menghitung anggaran pengecatan rumah. Aplikasi kalkulator ini tersedia di website perusahaan cat seperti Asian Paints. Kalkulator ini akan menghitung secara otomatis berapa biaya yang diperlukan dalam hal pengecatan berdasarkan ruangan luas dan harga cat yang digunakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir salah perkiraan biaya pengecatan rumah.

Menghitung total harga cat tembok dengan kalkulasi anggaran

Klik di sini untuk mengakses layanan kalkulasi anggaran kalkulator Asian Paints untuk menghitung total harga cat tembok secara praktis. Kemudian, Anda bisa menentukan tipe ruangan apa yang akan Anda cat, apakah itu ruangan bagian dalam atau bagian luar. Begitu pula dengan pengerjaan pengecatan, Anda bisa menentukan ingin melakukan pengecatan baru atau pengecatan ulang.

Setelah itu, Anda bisa pilih berapa banyak ruangan yang akan dicat. Di dalam kalkulasi anggaran cat dari Asian Paints, terdapat beberapa pilihan ruangan, mulai dari satu hingga enam ruangan. Anda pun perlu memasukkan luas total area lantai dalam ruangan yang akan dicat. Lalu, dalam tahap akhir proses pengecatan di kalkulasi tersebut, Anda bisa klik ‘Plain’ untuk memilih jenis cat terbaik yang akan digunakan. Terakhir, klik tulisan ‘Calculate’, kemudian dari situ akan muncul mengenai anggaran yang harus Anda persiapkan serta jumlah kuantitas harg cat tembok yang dibutuhkan.

Anda juga bisa menyimpan atau mencetak data tersebut apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. Contohnya dapat kita gambarkan sebagai berikut:

“Pak Andi ingin mengecat ulang satu ruangan dalam rumahnya, dengan luas lantai 20 m2. Berapa total anggaran yang harus dipersiapkan Pak Andi dalam mengecat ruangan tersebut bila menggunakan cat Asian Paints Tractor Emulsion?”

Maka, dari hasil penghitungan menggunakan kalkulasi anggaran Asian Paints, total anggaran yang harus disiapkan Pak Andi adalah Rp256 ribu hingga Rp308 ribu dengan kuantitas cat yang dibutuhkan adalah 12 kilogram.

Namun, hal yang perlu diingat adalah, estimasi biaya tersebut berdasarkan harga cat normal di toko bangunan dan luas dari ruangan yang akan Anda cat. Belum termasuk biaya pekerja yang melakukan pengecatan cat tersebut.

 

Nah, mulai sekarang Anda tidak perlu bingung menentukan anggaran saat hendak mengecat tembok untuk bangunan tertentu. Cukup gunakan aplikasi kalkulator cat dari Asian Paints dan Anda sudah bisa mendapatkan estimasi  harga cat tembok.

All Comments(0)

Comments

Image