• home /
  • inspiration /
  • ideas /
  • inspiration wall /
  • Ide Dekorasi /
  • warna dinding yang awet dan tahan lama bukan sekadar impian
Image
creative ideas for beautiful homes

Warna Dinding yang Awet dan Tahan Lama Bukan Sekadar Impian

posted on 06.12.2018

Memilih cat rumah sering kali menjadi sebuah PR tersendiri. Banyaknya jenis dan merek cat tentu akan membuat Anda merasa kebingungan memilih mana produk yang tepat. Terlebih masing-masing cat memiliki fungsinya masing-masing yang mungkin belum Anda pahami. Salah satunya adalah cat dinding untuk eksterior rumah.

Cat dinding untuk eksterior rumah tentu berbeda dengan cat dinding biasa. Untuk fungsi ini, cat dinding harus lebih awet karena bagaimana pun juga bagian luar rumah adalah bagian yang langsung terpapar berbagai macam hal. Bagaimana solusinya? Anda bisa mengikuti saran-saran kami berikut ini untuk mendapatkan cat dinding yang awet untuk eksterior rumah.

Kandungan Silikon Pada Cat Juga Berpengaruh

Hal yang paling utama untuk cat eskterior rumah adalah daya tahan dan kemampuannya dalam menahan rembesan air dengan baik. Salah satu yang mempengaruhinya adalah kandungan silikon pada cat. Menurut Chriss Wall, dari Segment Leader Coatings and Leader Dow Corning, produsen silikon asal Amerika Serikat mengemukakan jika kandungan cat yang mengandung silikon tinggi biasanya lebih tahan lama, dan mudah dibersihkan serta tahan terhadap segala cuaca.

Jika sebuah cat memiliki kandungan silikon dengan formula tinggi akan menempel lebih kuat. Tentu pengujian silikon harus melalui proses agar aman bagi kesehatan dan lingkungan. Silikon pada cat saat ini sudah dikembangkan menjadi lebih baik. Di antaranya kini diproduksi cat yang menggunakan teknologi silicone impregnation. Dengan formula ini tembok akan eksterior rumah Anda akan terlindungi dengan baik terutama ketika menahan air di musim penghujan.

Pilih Warna Berdasarkan Gaya Arsitektur Rumah

Disadari atau tidak warna eksterior membawa pengaruh besar pada rumah Anda. Termasuk juga berpengaruh pada  arsitektur. Sebaiknya saat mengecat rumah, perhatikan gaya arsitektur dan masa lalu rumah tersebut. Semisalnya ada rumah yang bergaya arsitektur Victoria, Cape Cod, Craftsman dan sebagainya. Setiap zaman atau era tertentu memiliki warna yang populer di masanya. 

Oleh karena itulah saat hendak mewarnai rumah Anda bisa meminta bantuan seorang desainer. Biasanya toko cat ternama akan menawarkan jasa dan bantuan untuk menemukan warna yang tepat dan sampel cat dari era mana rumah Anda tersebut. Meskipun warna tersebut mungkin sudah jarang digunakan, setidaknya akan memberikan nuansa yang berbeda dari lainnya.

Sebaiknya pilih cat rumah yang elastis

Jangan salah, yang memiliki sifat elastis bukan hanya karet saja, tetapi cat juga. Cat dinding (terutama untuk eksterior rumah) harus elastis. Apabila sebuah cat elastis, maka ia akan lebih mudah menutup permukaan dinding rumah. Selain itu, tekstur cat yang menyerupai karet juga bisa melindungi dinding dari gempuran air dengan lebih baik

Hal ini diperlukan dalam pengecatan eksterior rumah karena di bagian luar rumah permukaan dinding yang harus ditutup jauh lebih banyak. Eksterior rumah juga memiliki beberapa sudut yang selalu terpapar air seperti bagian bawah talang air. Cat dinding yang elastis akan membantu untuk melindungi permukaan dinding rumah Anda.

Pilih cat yang cepat kering

Poin penting berikutnya adalah pilihlah cat tembok yang cepat kering. Tingkat keringnya cat tergantung dari bahan yang digunakan. Untuk cat yang mengandung bahan minyak proses keringnya antara 6 – 8 jam. Idealnya untuk cat tembok dapat kering antara 2 – 4 jam.

Selain itu faktor yang mempengaruhi tingkat keringnya cat tembok dengan sempurna adalah kondisi tembok itu sendiri. Maka dari itu sebelum mengecat pastikan tembok kering dengan sempurna. Memilih cat tembok dengan formula khusus agar cepat kering ini juga bisa Anda pilih untuk eksterior rumah.

Lindungi keluarga Anda dengan cat bebas VOC

VOC atau Volatile Organic Compound digunakan dalam cat supaya cat bisa lebih mudah diaplikasikan pada permukaan dinding. Namun menurut temuan dari Environmental Protection Agency (EPA), kadar VOC yang terlalu tinggi justru akan merusak cat itu sendiri. Pasalnya, VOC memiliki kandungan senyawa yang mudah menguap dan bisa menyebabkan pemuaian saat cat terkena panas dari sinar matahari

Di samping itu, zat ini juga berbahaya untuk tubuh manusia. Apabila cat dengan kadar VOC tinggi terkena bagian tubuh, maka bisa menimbulkan rasa panas hingga gatal seperti alergi. Zat VOC ini juga berbahaya bagi sistem pernapasan karena bisa menyebabkan sesak nafas bahkan meningkatkan risiko kanker jika terhirup dalam jangka waktu yang lama.

Nah, dengan tips yang sudah disebutkan tadi, Anda bisa mendaptkan cat eksterior rumah yang awet dan tahan lama. Untuk perlindungan ekstra pada dinding rumah, Anda bisa menggunakan Smart Care Damp Proof dari Asian Paints dengan teknologi ganda Silicon Impregnation dan Ceramic Sphere Technology yang mampu menjaga kekuatan dinding rumah Anda.

All Comments(0)

Comments

Image