• home /
  • inspiration /
  • decor stories /
  • Warna Cat Ruang Tamu Yang Bagus Untuk Perayaan Imlek

Warna Cat Ruang Tamu Yang Bagus Untuk Perayaan Imlek

Jakarta

Warna Cat Ruang Tamu Yang Bagus Untuk Perayaan Imlek

Beberapa hari lagi, pergantian tahun masyarakat Tionghoa atau yang biasa dikenal dengan sebutan Tahun Baru Imlek akan meramaikan setiap sudut kota. Perayaan Imlek merupakan salah satu perayaan penting etnis Tionghoa yang di mana biasanya kita bisa menyaksikan pertunjukan tarian Barongsai, penyulutan kembang api, dan berbagai hal meriah lainnya.

Selain perayaan di luar rumah, tradisi makan-makan bersama keluarga di rumah juga selalu dilakukan. Untuk Anda yang ingin menyambut keluarga dengan semangat Tahun Baru Imlek, tidak ada salahnya untuk mencoba mengecat ruang tamu Anda dengan warna-warna yang merepresentasikan budaya Tionghoa untuk menyambut perayaan Imlek

Warna di mata Feng Shui

Orang-orang Tionghoa adalah masyarakat yang terkenal masih mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diturunkan selama turun-temurun oleh leluhur dalam kehidupan mereka. Salah satunya adalah ilmu topografi kuno yaitu Feng Shui. Feng Shui atau konsep tata letak rumah berdasarkan 5 elemen yaitu kayu, tanah, logam, api, dan air.

Fungsi Feng Shui itu sendiri adalah untuk memastikan sebuah rumah dibangung dengan Qi yang baik agar orang yang menghuni rumah tersebut selalu diberi rezeki dan nasib yang baik. Dalam ilmu tata ruang dari Tiongkok ini, warna ternyata menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan ketika menata rumah. Manfaat memilih warna yang tepat untuk menyambut tahun baru imlek dapat memberikan energi kuat yang mengalir yang dapat memunculkan getaran energi positif dan negatif.

Setiap warna memiliki makna

Orang-orang Tionghoa memiliki cara tersendiri untuk memaknai warna. Mereka mengkategorikan warna menjadi dua: warna yang menguntungkan dan yang tidak menguntungkan. Untuk memiliih warna cat untuk ruang tamu Anda, tentu saja hanya warna-warna yang membawa keberuntungan saja yang harus diaplikasikan pada tembok Anda. Inilah warna-warna terbaik yang bisa Anda pilih untuk menyambut keluarga dalam perayan Imlek tahun ini.

Warna merah


Hampir setiap rumah dengan penataan rumah bergaya oriental menggunakan warna merah sebagai warna dasar pada tembok rumah. Karena hal itu, warna ini sangat cocok untuk menyambut pergantian tahun masyarakat Tionghoa. Penerapan warna merah pada ruang tamu Anda akan memberikan suasana yang pas dan membuat ruangan menjadi lebih hidup. Makna warna merah itu sendiri dalam budaya Tionghoa sering diasosiasikan dengan keberuntungan karena mewakili unsur api. Jika Anda ingin mengaplikasikan warna ini, disarankan untuk memadukan warnanya dengan warna lembut yang serasi agar warna merah tidak terlalu terasa dominan.
 

Warna kuning atau emas


Selain sebagai warna yang melambangkan keceriaan dan keberuntungan, menerapkan warna ini di tembok ruang tamu rumah Anda juga akan membuat suasana rumah menjadi meriah. Warna kuning juga ternyata bisa membantu menjernihkan pikiran dan menyehatkan pencernaan Anda. Mengecat tembok ruang tamu dengan warna ini akan membuat ruangan terlihat lebih mewah yang tentunya akan membuat suasana bersama keluarga menjadi lebih semarak.
 

Warna hijau

 


Walapun tampak tidak semeriah warna merah dan emas, warna hijau bisa menjadi opsi untuk Anda yang ingin merayakan Tahun Baru Imlek dengan suasana yang lebih sederhana dan menenangkan. Namun, jika Anda ingin ruangan Anda terlihat sedikit lebih meriah, Anda bisa saja memadukan warna hijau dengan merah pada aksen-aksen kecil di ruang tamu Anda. Makna dari warna hijau itu sendiri sering dikaitkan dengan kemakmuran, keharmonisan, dan kesehatan.

Demikianlah warna-warna yang bisa Anda coba aplikasikan pada ruang tamu Anda untuk meramaikan Tahun Baru Imlek yang semakin dekat. Jika Anda merasa warna-warna ini terasa terlalu ramai, Anda selalu bisa bereksperimen dengan warna lain untuk memberikan kesimbangan warna pada ruangan Anda. Semoga rekomendasi ini bisa menginspirasi Anda untuk menyambut Tahun Baru Imlek dengan lebih bersemangat.

Image