Tips DIY Untuk Mengatasi Jamur Dan Kelembapan Di Rumah

Jakarta

Tips DIY Untuk Mengatasi Jamur Dan Kelembapan Di Rumah

Ketika warna dinding rumah Anda mulai memburuk dan bernoda, atau lebih buruk lagi, cat dindingnya menggelembung dan mengelupas, Anda berarti memiliki masalah dengan jamur. Dinding tidak didesain untuk terus menerus berada dalam kondisi lembap, dan setiap perembesan di dalam beton dan plester akan mengakibatkan munculnya bercak-bercak air. Tak lama setelah itu, jamur akan muncul, kecuali Anda melakukan langkah-langkah pencegahan sesegera mungkin.

Jamur di dinding sangat tidak enak dipandang, dan bisa melemahkan dan merusak permukaan dinding yang dicat dengan sempurna. Malahan, hal ini juga bisa membahayakan Anda dan keluarga. Jamur bisa mengeluarkan bau apak di area yang ditinggalinya, dan bisa menyebar dengan cepat. Jamur juga bisa menyebabkan alergi, iritasi, hidung berair, dan memperburuk kondisi pernapasan seperti asma.

Lalu bagaimana cara menyingkirkan parasit jahat ini?

Dalam kasus ini, pencegahan adalah cara terbaik. Pastikan Anda memiliki cairan waterproof untuk setiap saat yang sesuai untuk rumah Anda. Namun, ini adalah langkah yang sangat besar, dan Anda mungkin tidak bisa mengimplementasikannya dengan segera.

Untuk saat ini, ada 2 cara untuk menyingkirkan jamur. Pertama, identifikasi sumbernya. Apakah air merembes melalui eksterior dari permukaan bangunan dan masuk ke dalam struktur dinding? Hal ini memang umum terjadi saat musim hujan. Apakah ada kebocoran dari apartemen di atas hunian Anda? Apakah terdapat pipa bocor di dalam dinding yang merembeskan air pada beton? Jika Anda tahu sumber penyebab lembap, Anda dapat mengambil tindakan untuk mencegah perembesan yang lebih parah.

Selanjutnya, singkirkan jamur secara menyeluruh setelah kebocorannya diperbaiki. Gosok dinding dan sikat hingga bersih menggunakan pemutih dan air atau deterjen cair. Bersihkan dan biarkan permukaannya mengering seluruhnya. Pastikan area tersebut terkena aliran angin secara menyeluruh agar dindingnya benar-benar kering karena jika tidak jamur akan tumbuh kembali.

Untuk area yang lebih kecil, solusi ini bisa dilakukan. Jika Anda memiliki dinding dengan noda atau bagian dinding berjamur yang besar, Anda membutuhkan seorang profesional.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat rumah Anda bebas dari jamur dan kelembapan:

  1. Bersihkan dan desinfeksi area yang sering terpapar kelembapan seperti wastafel dapur dan lemari di bawahnya, serta dinding dan lantai kamar mandi. Usahakan ada aliran udara yang masuk secara berkala di area ini agar ruangan tetap kering.
  2. Jaga agar ruangan dalam tetap terkena angin sehingga sirkulasi udara terjaga dan kelembapan dapat terkontrol. Biarkan jendela Anda terbuka sesering mungkin.
  3. Saat mandi, biarkan kipas kamar mandi menyala untuk mencegah kelembapan merembes ke permukaan, atau keluarkan udara dari dalam kamar mandi setelah baru saja digunakan.
  4. Buatlah celah kecil di antara furnitur dan dinding untuk membuat sirkulasi udara yang baik.
  5. Jemurlah pakaian hingga kering sebelum dimasukkan ke dalam lemari. Sedikit keringat dan kelembapan pada pakaian Anda bisa menyebabkan jamur jika disimpan di lemari yang pengap.
  6. Jemur karpet, kasur, bantal, dan karpet di bawah sinar matahari sesekali agar tidak lembap.
  7. Buanglah barang-barang yang sudah berjamur. Benda-benda berpori seperti kertas, kayu, permadani, dan karpet, setelah terkontaminasi jamur, akan sulit untuk dipulihkan kondisinya. Disarankan untuk dibuang sesegera mungkin. Barang-barang seperti ubin, kaca, baja atau plastik yang berjamur bisa dibersihkan dengan cukup dicuci dan dikeringkan.
  8. Hindari mengecat permukaan yang berjamur. Bersihkan dan keringkanlah area tersebut secara menyeluruh sebelum melakukannya.
  9. Tanaman rumah juga bisa menumbuhkan jamur yang biasanya muncul sebagai lapisan tipis di atas permukaan tanah. Hal ini bisa terjadi pada tanaman-tanaman yang tidak terkena sinar matahari dan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Anda bisa menambahkan larutan khusus pada tanah yang bisa mencegah tumbuhnya jamur.
  10. Bersihkan rumah Anda dari debu. Jika rumah sering dibersihkan, udara akan lebih mudah bersirkulasi dan tetap segar.

Selalu ingat, bagaimanapun, jamur sering kali dilihat sebagai gejala dari masalah yang besar pada rumah Anda yang mesti ditangani. Jika jamur masih terus muncul, lebih baik menghubungi seorang profesional untuk membantu Anda.

Image