Memaksimalkan Ruang Kecil dengan Pilihan Dekorasi

Jakarta

Memaksimalkan Ruang Kecil dengan Pilihan Dekorasi

Memang cukup sulit memiliki ruangan yang luas di kota-kota besar. Pilihan dekorasi yang Anda buat dapat mengubah kesan sempit dan berantakan pada ruangan kecil menjadi terlihat hangat dan mengundang dengan beberapa langkah sederhana saja.

Ketika berbicara tentang ruang kecil, ada beberapa aturan dasar yang bisa diikuti dan kesalahan umum yang bisa dihindari.

  1. Jauhkan dari kesan berantakan
    Menjauhkan ruangan dari kesan berantakan menjadi hal yang utama di sini karena memang sangat penting. Walaupun tidak semua orang menyukainya, tampilan minimalis yang rapi bisa membuat ruang kecil terasa jauh lebih besar. Dengan ruangan yang minimalis, banyak pilihan dekorasi bisa Anda coba dan Anda akan memiliki lebih banyak ruang visual dengan seketika.
     
  2. Cermin ajaib
    Cermin adalah salah satu ilusi optik terbaik untuk rumah Anda. Cermin membuka area visual rumah dan memberikan kesan luas. Anda bisa menggunakan cermin dengan berbagai cara – antara menempatkan sebuah cermin berlawanan dengan cermin lain, atau menempatkan cermin yang besar di tembok yang paling lebar di sebuah ruangan. Cermin bisa digunakan dengan sentuhan kontemporer trendi sebagai tempat penyimpanan tersembunyi Anda. Anda juga dapat bermain dengan cermin dan cahaya lampu. Gunakan cermin di belakang lampu untuk menghasilkan cahaya lembut yang memantul ke seluruh ruangan.
     
  3. Gunakan sekat daripada dinding
    Jangan membangun dinding jika Anda ingin membuat ruangan terpisah. Sebagai gantinya, gunakan sekat. Sekat adalah cara mudah untuk membuat pembatas sementara yang bisa dilepas kapan saja. Carilah sekat berpola Asia yang eksotis, atau pilihlah sekat berbahan kayu, logam, atau kain.
     
  4. Tambahkan tanaman
    Seberapa besar pun ukuran rumah Anda, elemen bunga pada dekorasi Anda bisa menambah banyak pesona pada sebuah ruangan. Untuk cara yang lebih kontemporer dalam menampilkan bunga asli, hindarilah vas hiasan dan gunakanlah stoples, pot, atau wadah. Pertimbangkan untuk menggunakan tanaman dengan daun yang besar untuk sentuhan drama, atau ranting kering yang digantung dengan lampu untuk tampilan yang lembut. Saran profesional: Jika Anda menggunakan bunga palsu, jangan gunakan desain yang asli karena bunga palsu tidak akan pernah terlihat sebagus bunga asli. Alih-alih, pilihlah bunga aster atau dandelion yang sengaja dibuat lebih besar – bunga-bunga ini akan membuat ruangan tampak mencolok.
     
  5. Bermain dengan warna
    Salah satu cara untuk memengaruhi efek yang dihasilkan sebuah ruang pada diri Anda adalah dengan merencanakan warna dan pencahayaan. Setiap warna memiliki suasana tersendiri, dan Anda dapat memanfaatkan kekuatan setiap warna tersebut untuk mengubah ruangan. Yang terpenting adalah menggunakan warna yang lebih ringan untuk ruangan yang kecil dan bermain dengan aksen cerah pada perbotan Anda. Gunakan cahaya untuk memastikan tidak ada sudut gelap yang bisa mengurangi ukuran ruangan Anda menjadi lebih sempit lagi.
     

Dengan mengikuti arahan diatas maka yang anda temukan adalah ruangan yang indah, bukan ruang kecil.

Image