• home /
  • inspiration /
  • decor stories /
  • Cara Menggabungkan Gaya Antik dan Moderen pada Dekorasi Rumah

Cara Menggabungkan Gaya Antik dan Moderen pada Dekorasi Rumah

Jakarta

Cara Menggabungkan Gaya Antik dan Moderen pada Dekorasi Rumah

Dekorasi modern cenderung terlihat lebih minimalis dan memberikan kesan “ringan” daripada desain estetis masa lalu. Namun penggabungan keduanya akan menghasilkan tampilan yang memikat. Garis-garis ramping dari gaya kontemporer menciptakan bingkai pada barang antik yang besar, sehingga barang tersebut menjadi pusat perhatian dan terlihat bergengsi serta mempesona.

Perubahan halus yang Anda buatlah yang bisa menggabungkan 2 gaya kontras ini.

  1. Lakukan di akhir-akhir
    Tidak, bukan maksud kami menyuruh Anda untuk tidak membuat rencana. Salah satu cara untuk membuat kesan kontras yang brilian adalah dengan memastikan seluruh ruangan Anda membentuk palet untuk barang-barang antik yang berharga. Pilihlah warna-warna seragam agar ruangan Anda terasa menyatu. Hal ini akan memberikan latar belakang yang harmonis untuk barang-barang antik Anda. Lalu, tempatkan perabotan yang akan menjadi fokus – dalam kasus ini, lemari rias – di tengah ruangan, dan tambahkan artefak kecil (patung sejarah karya seni)  atau aksesoris kecil seperti lampu dan permadani untuk menyempurnakan warna pada ruangan.
     
  2. Kontras, kontras, kontras!
    Pilihlah tema warna yang sangat kontras untuk barang-barang antik Anda. Jika perabotan Anda berbahan kayu yang gelap, gunakan warna bernuansa pastel pada ruangan Anda agar terjadi perbedaan yang mencolok. Walaupun warna putih atau krem adalah warna lembut yang paling disukai, warna biru robin’s egg atau kuning buttercup yang cantik akan bisa memberikan kesan yang lebih menarik.
     
  3. Tempatkan barang antik dengan cara yang berbeda
    Barang antik di sebuah ruangan selalu menjadi pembuka obrolan terbaik. Buat tampilannya lebih menarik dengan cara yang tidak biasa. Kabinet dengan kaca biasanya digunakan untuk memamerkan koleksi porselen jika dipakai secara tradisional. Namun, sekarang Anda bisa menggunakannya sebagai rak buku yang indah untuk rumah yang moderen.
     
  4. Carilah barang-barang antik yang tidak terbuat dari kayu
    Kebanyakan barang antik terbuat dari kayu, namun artefak keramik atau pilar batu bisa memberikan kesan avant-garde. Pilihlah dekorasi minimalis yang ramping untuk menambah kesan drama pada barang-barang antik Anda.
     
  5. Pisahkan ruangan Anda secara matematis
    Jika Anda memiliki barang antik lebih dari satu, bagilah ruangan Anda menjadi empat bagian. Hal ini akan membantu Anda menggabungkan dekorasi etnis dan kontemporer. Padukan elemen rakyat tradisional dengan pola yang lebih moderen untuk menekankan perbedaan. Dalam foto ini, kain pelapis pada tengah meja bertema Indian/Mexican, namun terdapat garis-garis hitam di area yang lain. Rak media dan sebagian besar dari tempat duduknya bergaya moderen, namun pilar dan bufetnya adalah barang-barang antik. Kombinasi yang luar biasa!
     

Dengan minat baru pada barang-barang antik dan furnitur langka dalam beberapa tahun terakhir, banyak rumah yang berhasil menggabungkan gaya dekorasi ini dengan sukses, memberikan mereka hasil dekorasi yang sangat memuaskan.

Image