• home /
  • inspiration /
  • decor stories /
  • Cara Mengatasi Dinding Tembok Lembab

Cara Mengatasi Dinding Tembok Lembab

Jakarta

Cara Mengatasi Dinding Tembok Lembab

Dinding tembok yang lembab sering kali menimbulkan banyak masalah, mulai dari tidak sedap dipandang karena warna cat yang mulai rusak, dinding tembok berjamur, barang-barang lain yang bersinggungan dengan tembok ikut lembab, muncul bau tak sedap, hingga cat yang mengelupas. Dinding tembok menjadi lembab disebabkan oleh berbagai hal, bisa jadi sering terkena cipratan atau semprotan air, terkena air hujan, rembesan air dari berbagai sudut bagunan, atau ruangan-ruangan dalam bangunan yang kurang dijaga kelembabannya.

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengatasi dinding tembok yang lembab, mulai dari cara yang paling detail hingga cara yang paling praktis. Jika Anda sedang berupaya mengatasi dinding tembok yang lembab, simak beberapa rekomendasi berikut ini.

Memeriksa bagian-bagian bangunan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi dinding tembok yang lembab adalah memeriksa bagian-bagian bangunan Anda untuk mengetahui hal apa yang membuat dinding tembok bangunan menjadi lembab. Periksa mulai dari atap bangunan, talang bangunan, saluran pipa-pipa, celah atau retakan yang ada di lantai dan dinding, saluran pembuangan AC, barang-barang atau perabot yang dekat dengan dinding, hingga tanaman apa saja yang tumbuh dekat dengan dinding.

Setelah Anda tahu pasti satu atau beberapa penyebab dinding tembok bangunan menjadi lembab, lakukan solusi yang tepat sasaran untuk mengurangi dan mecegah dinding tembok menjadi lembab kembali.

Cairan fungisida atau anti jamur

Dinding tembok yang lembab umumnya juga disebabkan oleh adanya jamur di permukaan atau celah-celahnya. Untuk mengatasi dinding tembok lembab yang berjamur, Anda bisa menyemprotkan atau memberikan cairan anti jamur (fungisida) pada dinding tersebut setelah dibersihkan dari jamur yang ada. Anda juga bisa melakukan hal ini sebagai bentuk pencegahan pada dinding tembok yang tidak berjamur agar tidak menjadi lembab.

Waterproofing

Pemberian bahan anti air (water proof) juga salah satu cara yang umum dilakukan oleh banyak orang untuk mengatasi dinding tembok yang lembab. Berikan cat dinding water proof yang berkualitas seperti Smart Care Damp Proof, yang mampu memberikan perlindungan ganda pada dinding tembok Anda berkat adanya fitur Silicon Impregnation dan Ceramic Sphere Technology.

Menggunakan dehumidifier atau alat ekstraktor

Ada pula alat-alat khusus yang bisa digunakan untuk mengatasi kelembaban, yakni dehumidifier dan jenis-jenis ekstaktor. Dehumidifier adalah alat yang berfungsi untuk menghilangkan kelembaban udara di ruangan, berbentuk seperti AC dan hadir dalam ukuran sedang maupun kecil. Sedangkan, jenis-enis esktraktor yang dapat Anda temui berbentuk seperti peralatan saluran asap di atas kompor hingga kipas angin yang berfungsi untuk menyalurkan asap dan uang ke luar ruangan.

Alat-alat penghilang kelembaban semacam ini memang mampu mencegah kelembaban berlebih dalam ruangan, namun biasanya biayanya tidak murah dan pemasangannya tidaklah mudah.

Melakukan pengecatan ulang

Pengecatan ulang merupakan salah satu langkah tepercaya untuk mengatasi dinding tembok yang lembab. Sebelum melakukan pengecatan ulang, Anda cukup menghilangkan jamur (jika ada) pada dinding tembok bangunan dan meratakan dinding tembok jika ada pengelupasan atau keretakan.

Kemudian Anda bisa mengecat ulang dinding tembok bangunan dengan TruCare 2in1 Exterior cat dasar sebagai cat dasar yang memiliki daya tahan terhadap air hujan, alkali, dan garam sehingga dinding tembok Anda terhindar dari kelembaban berlebih. Bisa juga Apex Weather Defense yang melindungi dinding tembok bangunan dari berbagai kondisi cuaca, polusi udara serta jamur.

Meskipun sering dijumpai, kondisi tembok lembab tak bisa dibiarkan begitu saja. Selain tidak sedap dipandang, lama kelamaan hal tersebut bisa mengganggu kualitas bangunan Anda. Oleh sebab itu, coba terapkan berbagai cara di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website http://www.asianpaints.co.id

Image