• home /
  • inspiration /
  • decor stories /
  • Bagaimana Cara Memilih Cat Tembok Terbaik untuk Interior Rumah

Bagaimana Cara Memilih Cat Tembok Terbaik untuk Interior Rumah

Jakarta

Bagaimana Cara Memilih Cat Tembok Terbaik untuk Interior Rumah

Memilih cat tembok terbaik untuk interior rumah memang tidaklah mudah, mengingat warna cat tembok interior ini dapat mempengaruhi psikologis para penghuni rumah. Selain itu, menurut desainer asal New York, Scott Sanders mengemukakan dalam memilih warna sebisa mungkin harus memperlihatkan suasana yang ingin dibangun. Namun, Anda tidak perlu khawatir, dalam ulasan kali ini akan dipaparkan bagaimana memilih cat tembok yang tepat. Berikut langkah-langkah dan tipsnya yang bisa Anda terapkan.

Dapat diaplikasikan pada konstruksi tembok apapun

Tembok di rumah memiliki konstruksi dan kadar pH atau tingkat keasaman yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan bahan yang digunakan saat membangun sebuah rumah, suhu udara maupun iklim di suatu daerah. Untuk mengukur kelembaban ini Anda bisa menggunakan protimeter dan mengukur tngkat keasaman dengan menggunakan kertas lakmus.

Idealnya, kadar air di tembok harus di bawah 18 persen dan kadar alkali harus lebih dari pH 8. Jika melebihi kriteria tersebut tembok masih belum sempurna untuk dicat. Terkadang tidak semua cat bisa diaplikasikan untuk tembok baru. Maka dari itu, saat membeli cat pastikan jika cat tersebut juga dapat diaplikasikan pada konstruksi tembok baru.

Pilih warna netral

Warna netral sangat cocok diterapkan di ruang tamu rumah. Hal ini dikarenakan ruang tamu menjadi ruangan untuk berkumpul bersama keluarga, kerabat, dan para tamu yang berkunjung. Maka dari itu, mengutip dari laman The Spruce sebisa mungkin sebaiknya ciptakan suasana penuh kehangatan dan rileks Adapun warna netral yang bisa Anda gunakan antara lain adalah abu-abu, putih atau beige yang lembut.

Selain lebih aman, warna netral juga mudah untuk dikombinasikan dengan hiasan atau perabotan rumah. Namun, agar lebih terlihat beda Anda bisa menambahkan ornamen lainnya. Semisalnya saja dengan menambahkan lukisan, wallpaper, atau bingkai foto sehngga makin menarik. Anda juga bisa menggunakan warna lainnya seperti merah, lemon, emas, atau cokelat keemasan agar menghangatkan suasana.

Memiliki nilai ekonomis

Meski sebenarnya aspek ini sering kurang diperhatikan, penting bagi Anda untuk menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika membeli cat interior rumah. Tentu Anda ingin cat dengan nilai ekonomis dengan sekali pakai namun memiliki keuntungan yang lebih. Dengan begitu Anda tidak harus membeli melebihi sesuai kebutuhan.

Maka dari itu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih cat yang memiliki daya sebar tinggi. Setidaknya sekitar 20 persen hingga 25 persen, cara ini mampu mebuat pengecatan lebih efektif tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Anda juga bisa memilih cat dengan teknologi TET atau Transfer Efficiency Technology, formula ini mampu membuat cat lebih kering dalam jumlah lapisan sedikit.

Gunakan cat berkualitas terbaik

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah memilih cat yang menggunakan bahan berkualitas terbaik. Sebaiknya Anda pilih cat yang menggunakan bahan merkuri rendah. Mengingat merkuri adalah salah satu elemen yang dapat berbahaya jika digunakan secara berlebihan. Adapun dampaknya menurut World Health Organization (WHO) di antaranya menyebabkan gangguan pada kulit, mata, sistem kekebalan dan paru-paru. Selain itu, pilihlah cat yang tidak mudah pudar dan mengelupas. Tinggi rendahnya kualitas cat juga ditentukan bahan resin yang digunakan.

Salah satu cat tembok untuk interior rumah yang bisa Anda gunakan adalah Tractor Emulsion dari Asian Paints. Cat tembok ini memiliki keunggulan, yakni dua lapis sempurna, cepat kering, dan daya sebar 20-25% lebih tinggi dari produk lainnya. Daya tahan cat mencapai 3-4 tahun sehingga lebih hemat.

Bagaimana, cukup mudah bukan memilih cat tembok terbaik untuk rumah Anda? Semoga bermanfaat!

Image