• home /
  • inspiration /
  • decor stories /
  • 5 Trik Brilian untuk Menyiasati Balkon yang Kecil

5 Trik Brilian untuk Menyiasati Balkon yang Kecil

Jakarta

5 Trik Brilian untuk Menyiasati Balkon yang Kecil

Di kota besar, ruang pada apartemen adalah hal yang sangat penting dan pasti semua orang ingin menggunakan ruang tersebut semaksimal mungkin. Lalu, mengapa banyak sekali balkon rumah dibiarkan polos dan selalu terlihat “kosong”?

Biasanya, ukuran balkon yang kecil adalah sumber masalahnya. Kebanyakan orang lebih mudah mendesain dekorasi untuk ruang yang besar, namun tidak untuk ruang yang kecil. Buatlah diri Anda terbiasa dengan beberapa prinsip sederhana untuk mendekorasi ruang kecil. Jika Anda sudah terbiasa, tidak lama lagi Anda pasti ingin segera mendekor ulang rumah. Balkon kecil mungkin tidak cukup besar untuk digunakan sebagai ruang tamu tambahan. Namun, ruangan ini bisa diubah menjadi oasis yang indah dengan beberapa trik ini.

Gunakan ruangan dengan cermat

Jangan biarkan pot bunga yang besar mengambil terlalu banyak ruang. Cari atau buatlah sendiri, pot yang bisa menempel di dinding atau bisa digantung pada kait yang dipasang di langit-langit sehingga Anda bisa menggunakan ruang untuk keperluan yang lain. Agar ruangan lebih bermanfaat, Anda bisa menggunakan pot untuk membuat apotek hidup kecil. Jika Anda menyukai tanaman aromatik, tanam daun min, rumput lemon, basil, dan cabai.

Pilihlah warna yang trendi

Skema warna yang tepat bisa memengaruhi suasana hati dan membuat ruangan terasa lebih besar. Pilihlah warna monokrom yang trendi untuk membuat balkon bertema kontemporer. Carilah tema warna yang menenangkan seperti merah muda pastel atau krem, dan tambahkan sangkar burung antik yang terbuat dari tembaga untuk menambah kesan vintage. Anda juga bisa mencoba tampilan alami dengan hal-hal yang berbau hijau dan bebatuan untuk suasana tempat terbuka yang menenangkan.

Carilah tempat duduk yang unik dan ekonomis

Anda tidak memerlukan satu set sofa di balkon. Pilihlah bangku berukuran kecil, pouffe, atau bahkan ayunan yang dimodifikasi. Habiskan hari Minggu santai Anda dengan mengubah bangku biasa menjadi tempat duduk yang menawan dengan proyek penuaan kayu (wood distressing) yang mudah.

Lindungi privasi Anda

Salah satu rintangan dalam memiliki ruangan di tempat terbuka adalah kurangnya privasi. Jika ada bangunan bertingkat di luar sana, Anda pasti merasa kurang nyaman dengan orang-orang yang bisa dengan mudah melihat balkon Anda. Untuk memberikan privasi bagi Anda dan tamu, gunakan pagar seperti terali dan tumbuhkan tanaman merambat di situ sehingga terlihat seperti tirai hijau. Anda juga bisa menggunakan sekat dari bambu yang ditempatkan secara strategis unntuk melindungi Anda dari sinar matahari dan orang-orang yang suka mengintip.

Tambahkan sentuhan Anda sendiri

Sentuhan dari imajinasi Anda bisa mengubah ruangan utilitarian menjadi lebih menarik. Anda mungkin ingin memasang air mancur dengan suara gemercik di sudut balkon. Zaman sekarang, Anda bisa membeli air mancur ini dengan ukuran kecil yang bisa diletakan di sudut dan dinyalakan kapanpun Anda mau. Tambahkan karpet dengan motif garis untuk menambahkan warna jika Anda memiliki jiwa artistik. Jika tidak, lukislah dinding balkon dengan tangan Anda sendiri. Anda juga mungkin bisa menggantungkan pemberi makan burung untuk mengundang teman kecil bertamu ke balkon Anda.

Jangan lupa untuk memasang penerangan atau lampu senar agar balkon Anda lebih terasa mengundang. Dan voila, balkon kecil Anda sekarang sudah cocok dipakai untuk makan malam romantis, yoga pagi bernuansa Zen, atau menikmati teh pagi di kebun yang cerah.

Image