• home /
  • inspiration /
  • decor stories /
  • 5 Tips Memilih Warna Cat Rumah Bagian Depan

5 Tips Memilih Warna Cat Rumah Bagian Depan

Jakarta

tips memilih warna cat rumah

Memilih cat adalah salah satu hal penting dalam mendekorasi bagian depan rumah agar terlihat menarik dan enak dipandang. Mengingat bagian depan rumah adalah bagian yang sering dan mudah terlihat. Selain itu juga mencerminkan pemilik rumah tersebut. Agar tidak salah pilih, berikut ada lima tips memilih warna cat rumah bagian depan yang bisa Anda simak.

Gunakan Cat yang Bersifat Waterproof

Bagian depan rumah merupakan bagian yang cukup vital dan rentan terkena dampak dari cuaca dan lumut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih warna cat rumah bagian depan  dengan yang bersifat waterproof. Cat ini terbuat dari bahan dasar acrylic dan polimer yang bersifat anti bocor dan dapat menahan rembesan air, terutama saat musim penghujan. Rembesan air inilah yang jika dibiarkan akan menyebabkan lumut di dinding rumah.

Keunggulan lain dari cat yang bersifat waterproof adalah kuat dan tahan lama. Selain itu mudah digunakan dan cepat kering. Cat ini juga memiliki sifat elastis yang mengikuti pemuaian pada bangunan. Sehingga cat tidak mudah rontok.

Sesuaikan dengan Dekorasi Eksterior

Hal berikutnya adalah Anda perlu memperhatikan konsep dan dekorasi eksterior rumah. Semisalnya jika rumah Anda memiliki konsep minimalis, sebaiknya pilih warna yang lembut atau yang bersifat netral. Warna-warna jenis ini semisalnya abu-abu, putih dan lain sebagainya. Namun, jika rumah memiliki konsep dan dekorasi klasik, warna krem bisa Anda jadikan pilihan.

Anda juga bisa memilih warna yang tajam. Tajam disini bukan berari harus mencolok dan cerah. Melainkan warna cerah yang dapat menimbulkan kesan luas bagi bagian depan rumah. Semisalnya menggunakan warna kuning atau hijau muda.

Pastikan Tidak Merusak Dinding

Tidak hanya warna saja, Anda perlu memperhatikan bahan cat dengan material dinding rumah. Jika Anda memiliki dinding berupa tembok, tentu akan berbeda dengan dinding yang berupa kayu atau batu. Untuk pemilihan cat dinding tembok sebaiknya harus lebih tebal. Hal ini agar dapat menutup bagian semennya yang terkadang masih terlihat di dinding rumah.

Sementara jika dinding rumah terbuat dari kayu atau batu, dapat menggunakan cat yang sedikit tipis. Ini bertujuan untuk menampilkan kesan alami dari bahan tersebut.  Ketika Anda membersihkan dinding sebelum dicat, pastikan benar-benar kering agar menghindari cat yang megelupas. Apabila Anda membersihkan dengan menyemprotkan air, jangan terlalu kencang agar tidak menyebabkan tekanan pada cat dinding rumah sehingga akan merusak dinding.

Kombinasikan dengan Warna yang Ada Sebelumnya

Tidak ada salahnya Anda untuk bereksperimen mengkombinasikan warna bagian depan rumah agar nampak unik. Tips memadukan warna yang paling penting adalah sebaiknya jangan mengkombinasikan warna gelap dengan warna gelap lainnya atau warna terang satu dengan warna terang lainnya.

Warna yang mudah dikombinasikan adalah warna netral. Semisalnya saja warna abu-abu, putih, dan krem. Warna-warna ini selain mudah juga akan menghasilkan warna yang menarik. Jika Anda ingin menampilkan kesan ceria pada bagian depan rumah, bisa memadukan warna kuning dan merah dan dipadukan dengan warna-warna netral.

Lakukan dengan Teknik Pengecatan yang Benar

Terakhir, saat melakukan pengecatan sebaiknya menggunakan teknik yang baik dan benar. Walaupun cat Anda bagus namun teknik pengecatan salah, bisa jadi akan menjadi salah satu penyebab rusaknya dinding rumah. Langkah pertama adalah Anda perlu melapisi bagian dinding yang sulit dijangkau. Lalu lanjutkan dengan bagian lainnya.

Waktu pengecatan pun sebaiknya dilakukan saat musim panas atau siang hari. Hal ini agar cat tersebut benar-benar kering secara sempurna. Jika mengecat pada musim penghujan, kadar air atau guyuran hujan dapat merusak cat bahkan dinding. Anda tidak perlu khawatir cat dinding rumah menjadi rusak

Di atas adalah beberapa tips memilih warna cat rumah bagian depan. Anda bisa memilih cat berkualitas tinggi untuk rumah agar lebih terlihat menarik . Untuk hasil dinding rumah bagian depan lebih maksimal, Anda bisa menggunakan cat Smart Care Damp Proof dari Asian Paints. Cat ini memiliki keunggulan teknologi ganda yakni Silicon Impregnation Technology dan Ceramic Seraphine TechnologySilicon Impregnation Technology memberikan perlindungan tingkat pertama pada tembok dengan silikon, silikon inilah yang masuk dan terserap ke pori-pori tembok sehingga mampu menahan air dengan baik. Sementara Ceramic Seraphine Technology memberikan perlindungan tingkat kedua pada tembok dengan teknologi keramik yang membuat tembok menjadi kuat dan tahan lama.

Di atas adalah beberapa tips memilih warna cat rumah bagian depan. Anda bisa memilih cat berkualitas tinggi untuk rumah agar lebih terlihat menarik . Untuk hasil dinding rumah bagian depan yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan cat SmartCare Damp Proof dari Asian Paints. Cat ini memiliki keunggulan teknologi ganda yakni Silicon Impregnation Technologydan Ceramic Sphere TechnologySilicon Impregnation Technology memberikan perlindungan tingkat pertama pada tembok dengan kandungan bahan silikon, silikon inilah yang masuk dan terserap ke pori-pori tembok sehingga mampu menahan air dengan baik.

Sementara Ceramic Sphere Technology memberikan perlindungan tingkat kedua pada tembok dengan teknologi keramik dimana cat mengandung partikel kecil keramik yang membuat tembok menjadi kuat dan tahan lama dan mempercepat air turun dari permukaan tembok. Selain itu, SmartCare Damp Proof juga memiliki dua perlindungan tembok, yaitu Anti Carbonation yang berfungsi sebagai perlindungan tembok terhadap polusi udara yang bisa menyebabkan pelemahan pondasi rumah, dan juga pertahanan Chloride Ion Diffusion yang bisa menjaga tembok terhadap bahaya uap garam air laut yang bisa menyebabkan pelemahan pondasi rumah. SmartCare Damp Proof memiliki elastisitas hingga 600% sehingga bisa menutupi retakan hingga 2 mm pada tembok rumah anda.

Image