5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar istilah ‘dekorasi interior rumah minimalis’? Mungkin Anda akan membayangkan sebuah ruangan berkonsep terbuka tanpa furnitur di dalamnya. Mungkin, Anda juga bisa membayangkan sebuah ruangan yang luas. Warna-warna terang yang netral juga identik dengan konsep minimalis. Jika hal-hal tersebut yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar tentang rumah minimalis, Anda sudah menebaknya dengan benar. Konsep minimalisme merupakan seni hidup nyaman dengan sedikit barang.

Walaupun konsep minimalis cukup menarik bagi sebagian orang, tak semua orang bisa menerima konsep ini. Pasalnya, mendesain ruangan dengan konsep minimalis memang tampak mudah, namun pada kenyataannya, proses perancangan dekorasi minimalis bisa menjadi satu hal yang sangat menantang. Apa yang tampak cantik dan menarik tercetak di majalah interior bisa jadi tidak bisa diterapkan di rumah Anda. Bagaimana pun, rumah yang Anda tinggali haruslah memiliki fungsi yang optimal. Desain rumah sepatutnya tidak menjadi kompromi untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Minimalisme seharusnya diperoleh tanpa mengorbankan ruangan tempat tinggal Anda. Dalam filosofi minimalisme, setiap furnitur ataupun elemen dekoratif yang ada harus memiliki tujuan dan fungsi. Jika tidak, benda-benda tersebut hanya memakan tempat. Pemilihan furnitur dan elemen dekorasi yang dilakukan dengan baik dan benar menjadi hal yang mutlak untuk memperoleh hasil terbaik.

Dalam pendekatan minimalistik, kebanyakan aturan dalam desain interior tidak berkalu. Daripada menciptakan begitu banyak lapisan elemen pada dekorasi rumah, paham minimalisme cenderung tampil ‘telanjang’ dengan mengedepankan sisi fungsional ruangan yang justru menonjolkan tampilan yang cantik. Mari kita lihat beberapa ide yang akan meningkatkan filosofi minimalis pada dekorasi rumah.

Tingkatkan Elemen Dekorasi Saat ‘Mentok’

Desain ruang tamu minimalis memiliki sedikit furnitur dan dekorasi. Kita memahami bahwa minimalisme cenderung tampil dengan tampilan yang polos dibandingkan dengan tampilan dengan lapisan dan kerumitan elemen dekorasi. Membuat tingkatan-tingkatan pada ruang tamu Anda bisa menjadi solusi untuk meningkatkan daya tarik visual, sekaligus menjadi elemen yang membagi desain ruangan yang polos menjadi lebih berdimensi.

Area duduk di ruang tamu bisa Anda tinggikan sebanyak 6 inch untuk memperoleh kesan yang berbeda di ruangan. Platform untuk area duduk ini akan berfungsi sebagai elemen desain yang minimalis namun fungsional. Ruang kosong di bawah area duduk bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat penyimpanan berupa laci. Platform tersebut juga bisa ditutupi dengan karpet dengan warna netral yang senada dengan warna furnitur.

Tak hanya menambah ruang penyimpanan di rumah, Anda juga bisa menjadikan area duduk sebagai titik fokus di ruang tamu. Beberapa tingkatan yang dibuat di ruang tamu bisa difungsikan sebagai rak dengan gaya minimalis. Anda juga bisa melakukan eksperimen yang menghasilkan tampilan cantik dengan konsep minimalis.

Konsep ‘Less is More’

Hal yang ini cukup bisa dipahami secara gambling, namun sulit dicapai oleh para pemilik rumah. Anda harus mampu menciptakan ruangan yang cantik dengan menerapkan disiplin yang tinggi dalam memilih furnitur dan dekorasi ruangan. Pilihan furnitur akan memengaruhi keseluruhan desain ruang tamu. Anda perlu melatih kemampuan kurasi furnitur untuk desain interior rumah. Lalu, kapan konsep minimalis tak tampak minimalis? Pertanyaan filosofis tersebut lah yang harus Anda jawab.

Dalam dekorasi, tak ada aturan yang baku. Tidak ada batasan mengenai berapa banyak furnitur yang Anda miliki dalam sebuah ruangan. Filosofi di balik minimalisme adalah untuk memiliki ruangan luas dengan konsep terbuka, namun tak tampak kosong. Tentunya, hal ini berkaitan juga dengan selera individu. Apa yang dianggap minimalis oleh seseorang bisa jadi tidak minimalis oleh orang lain. Namun, ada satu hal yang harus diikuti, yaitu hindari penggunaan furnitur dengan ukuran yang terlalu besar.

Satu set kursi berlengan atau sebuh sofa besar bisa membuat ruangan lebih seimbang, namun jika Anda mengombinasikannya dengan furnitur lain dengan ukuran yang besar, tentu membuat kesan minimalis hilang. Dalam konsep minimalisme, tampilan ruangan haruslan ‘ringan’.

Sebuah meja kaca bisa membuat ruangan tampil lebih cantik sesuai dengan konsep minimalis. Rak-rak dengan kesan mengambang juga akan membuat tampilan ruangan menjadi lebih cantik dalam konsep minimalis.

Kesederhanaan Merupakan Kunci Minimalisme

Konsep minimalisme meyakini bahwa semuanya harus tetap tampil seminimal mungkin, termasuk dari segi dekorasi. Furnitur yang ringan sangat sesuai dengan gaya ini karena tampilannya yang langsing dan garis-garisnya yang cantik. Furnitur besi yang langsing menjadi elemen modern dalam dekorasi rumah, memperkuat kesan minimalis di dalamnya.

Bahkan, tembok ruangan tak perlu dihias dengan berbagai dekorasi karena warna tembok seharusnya cukup untuk membuat tampilan lebih cantik. Walaupun banyak yang menganggap pendekatan minimalistik sebagai pendekatan yang dingin, konsep ini sangat sesuai untuk orang-orang yang mencari fungsi dalam setiap bentuk dekorasi. Untuk orang-orang tersebut, apa pun yang tak memberikan fungsi di rumah hanya akan menjadi barang tak berguna.

Gunakan Warna-Warna Terang

Warna merupakan aspek penting pada dekorasi. Warna ruang tamu yang berbeda-beda akan sesuai dengan gaya yang berbeda pula. Warna terang memiliki kesan segar, warna gelap dengan kesan membumi pun bisa menjadi pilihan warna yang menarik untuk dekorasi rumah. Lalu, ada juga warna-warna lain yang tak terlalu terang, namun juga tak terlalu gelap/ warna-warna inilah yang merupakan warna netral yang akan meningkatkan kesan elegan di ruangan Anda.

Warna terang mampu menciiptakan kesan terbuka yang menjadi aspek penting dalam dekorasi minimalis. Bentangan warna yang elegan akan memanjakan mata para tamu. Dalam hal ini, tembok ruangan juga memainkan peran penting untuk mengarahkan fokus ke ruangan tersebut.

Saat mata manusia mampu bergerak bebas mengikuti kesatuan aliran warna di sebuah ruangan, hal inilah yang menjadi tolok ukur kesuksesan dari pendekatan minimalistik dalam dekorasi ruangan tersebut. Warna yang digunakan: Love Song (L144).

Tambahkan Lebih Banyak Jendela

 

Dekorasi minimalistik menggunakan jendela secara efisien sebagai salah satu elemen desain dan bagian dekorasi itu sendiri. Dengan adanya sebuah jendela besar di sebuah ruangan, hal ini menjadi hal positif yang memiliki banyak keuntungan. Jendela memungkinkan masuknya cahaya matahari.Jendela juga mempertegas persepsi ruangan.

Apabila jendela di ruangan Anda mengarah ke pemandangan yang indah, maka jendela pun bisa berfungsi sebagai bingkai foto. Dalam konsep minimalis, sebuah jendela harus terbebas dari gorden atau hal lain yang menghalanginya. Hal ini memungkinkan jendela untuk tampil selaras dengan dekorasi di sekitarnya. Apabila Anda merasa jendela tanpa gorden akan tampak terlalu polos, Anda bisa menambahkan cat gelap di sekeliling bingkai. Hal ini akan memberikan efek yang signifikan.

Dengan demikian, jendela pun bisa menyatu dengan dekorasi rumah serta meningkatkan kesan minimalis dengan tampilan serta pencahayaan dan elemen alami yang ada.

Konsep dekorasi minimalisme adalah banyak sekali digunakan di Indonesia. Masyarakat Indonesia kebanyakan berkiblat pada gaya simpel dan modern. Gaya minimalis mempunya core yang sederhana dan simpel, elemen dekorasinya pun sangat sederhana serta seluruh pendukung yang digunakan pun hanya yang perlu saja.

Namun, Anda bisa merasakan sebuah pengalaman yang sangat berbeda. Konsep minimalis mengajarkan Anda untuk melepaskan semua hal yang tidak diperlukan, yang justru membuat rumah Anda berantakan dan mengurangi keindahannya. Anda harus mencoba pendekatan minimalis ini untuk rumah Anda setidaknya sekali seumur hidup!

Image