5 Ide Dekorasi Kamar Tidur Gaya Mediterania

Jakarta

5 Ide Dekorasi Kamar Tidur Gaya Mediterania

Kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat dan bersantai. Kamar tidur haruslah ruang yang nyaman dan menarik hati sekaligus enak untuk dipandang. Desain gaya Mediterania adalah salah satu gaya yang populer untuk dekorasi interior kamar tidur. Ini adalah gaya yang mewah, namun santai.

Ketika kita berpikir Mediterania, kita berpikir pantai, laut biru, dekorasi putih dan sebuah kenyamanan. Tapi sebenarnya ada lebih banyak dekorasi Mediterania dibandingkan hal tersebut. Seiring berjalannya waktu, gaya ini telah dipengaruhi oleh elemen desain Eropa. Tentu, hal ini menjadikan gaya Mediterania memiliki pesona pedesaan yang didominasi oleh warna aqua dan skema warna yang sederhana serta diselingi dengan gaya desain tradisional, kontemporer dan modern.

Dekorasi interior gaya Mediterania sangat hangat dan menarik. Hal ini menjadikannya tema yang sempurna untuk desain interior kamar tidur. Beragam pilihan dan kombinasi menjadikan gaya ini menjadi salah satu gaya yang mudah untuk diterapkan. Akibatnya, gaya Mediterania juga salah satu gaya paling populer dari desain dekorasi interior rumah kamar tidur. Ide-ide akan mengalir begitu saja dan kemungkinannya tidak terbatas. Disini kita akan mencermati beberapa cara sederhana, tetapi indah untuk menciptakan kamar tidur impian dengan pengaruh Mediterania yang indah.

Kamar Tidur Mediterania Gaya Spanyol

Gaya Mediterania dengan pengaruh Spanyol menggunakan warna-warna berani dan terang di kamar tidur yang menampilkan pengaruh wilayah tersebut. Mereka dibuat dengan furnitur besi tempa, lantai keramik bermotif, dan perabotan dengan warna cerah. Dinding plesteran juga merupakan elemen khas gaya ini. Corak tersebut dapat menampilkan kesan kalem dan juga tegas.

Dinding berwarna cerah dipadukan baik dengan mencocokkan tekstil warna-warni untuk perabotan. Warna putih dalam campuran akan memunculkan warna dan membuatnya bersinar. Tirai Mediterania biasanya berwarna putih, bereksperimen dengan warna-warna berani dan kaya sangat dianjurkan karena gaya dekorasi ini dapat bekerja dengan cukup baik.

Karena gaya Spanyol menggunakan lebih banyak nada bersahaja, seperti jingga, kuning tua, dan kuning yang dapat dicampur secara bebas dengan nuansa warna aqua, gaya ini mungkin sedikit berlebihan tetapi, jika dilakukan dengan benar, maka tidak terlihat terlalu mencolok. Ada garis tipis antara warna-warna tersebut dan terlihat mencolok, namun gaya ini berhasil tetap menampilkan nuansa yang tepat.

Dengan begitu banyak warna yang dapat dipilih, sedikit bantuan ahli sangat membantu menjaga tampilan berkelas tanpa berlebihan dengan terlalu banyak eksperimen.

Warna Yang Digunakan: Oren Wortel (8023); Costal (7473).

Kamar Tidur Mediterania Gaya Italia

Jika gaya Mediterania Spanyol menggunakan warna-warna berani dan cerah, gaya Italia relatif sangat tenang dalam penggunaan warna. Warna-warna yang kaya dan berani hanya digunakan sebagai aksen dalam tekstil dan perabotan, sementara warna-warna bersahaja yang netral lebih mendominasi. Gaya ini membangkitkan pesona dunia lama dengan penggunaan warna yang konservatif.

Lantai kayu dan balok langit-langit kayu adalah beberapa fitur khas dari gaya dekorasi Mediterania Italia. Perabotannya berukuran besar dan mewah, mengingatkan kita bahwa ruang bukanlah suatu kendala yang berarti dan furnitur yang dibuat bertahan selama beberapa dekade, bukan hanya bertahun-tahun. Lantai kayu, serta furnitur dibuat dengan warna gelap untuk mengimbangi dominasi warna netral.

Bahkan dindingnya memiliki tekstur. Seringkali dindingnya dibuat dengan plester Venesia atau sentuhan akhir dengan tema bebatuan. Tetapi tentu saja tidak terbatas pada kedua hal tersebut, Anda dapat mencoba tekstur baru. Tirai dan perabotan lebih banyak menggunakan warna merah dan jingga untuk menciptakan imajinasi pulau-pulau kecil berwarna di lautan warna-warna netral.

Dekorasi Mediterania Italia membawa nuansa mewah ke kamar tidur yang dipadukan dengan kenyamanan modern. Gaya ini merupakan pilihan perpaduan yang terbaik dari dua dunia.

Pola yang Digunakan: Royale Play Textile.

Warna yang Digunakan: Cahaya Bulan (L121); Walnut Krem (8778); Vintage Walkut (8773).

Kamar Tidur Mediterania Gaya Yunani


Gaya Yunani mungkin merupakan gaya dekorasi Mediterania yang paling terkenal. Gaya Yunani menggunakan warna biru yang mendalam, aqua cerah, warna biru kehijauan, dan warna laut. Selain warna biru, gaya ini juga menggunakan campuran banyak putih. Biasanya, dindingnya diberi plester putih bertekstur dan bahkan lantainya dicat putih.

Pengaruh arsitektur Yunani dalam gaya dekorasi Mediterania Yunani sangat kental yang diwujudkan dalam bentuk pilar dan kolom melingkar. Pola berulang yang merupakan andalan arsitektur Yunani juga dapat digunakan untuk melapisi langit-langit atau dapat digunakan pada papan di sekitar lantai.

Warna biru kehijauan dan putih juga dapat digunakan untuk tirai dan perabotan. Lebih jauh, pengaruh arsitektur Yunani dapat disajikan melalui bentuk seni dan patung Yunani. Misalnya, vas besar memanjang, tembikar klasik Yunani dapat membuat sudut kamar menjadi lebih indah.

Gaya dekorasi Mediterania ala Yunani dapat menampilkan warna-warna cerah karena dipadukan dengan perpaduan warna putih yang tepat yang entah bagaimana mampu mengimbangi dan meningkatkan warna di sekitarnya.

Warna Yang Digunakan: Biru Laut (9240); Perahu Layar (7444).

Gaya Mediterania Kontemporer

Gaya dekorasi Mediterania kontemporer menawarkan lebih banyak pilihan dengan perpaduan indah unsur tradisional dan kontemporer. Gaya ini menawarkan konsep mix-n-match (percampuran dan keserasian) dengan penuh percaya diri yang sulit dilakukan oleh beberapa gaya lain. Perpaduan gaya yang diterapkan sangat beragam, misalnya memasang tempat tidur dengan hiasan empat tiang dengan menambahkan beberapa lampu modern.

Tidak ada keraguan bahwa gaya Mediterania adalah gaya yang mewah. Perpaduan unsur-unsur kontemporer dengan tradisional membuat kamar tidur menjadi lebih berkelas dan berbeda sama sekali dari biasanya. Penambahan tekstil dan perabot Mediterania yang sebenarnya berfungsi untuk memberikan karakter pada ruangan jarang ditemukan di tempat dan konsep lain.

Campuran beberapa gaya yang berbeda juga dapat dikategorikan sebagai dekorasi Mediterania tradisional dan kontemporer. Misalnya kamar tidur dengan perabotan mewah ala Yunani, lantai kayu gelap ala Italia, dan furnitur dan dinding plesteran ala Spanyol. Yang diperlukan hanyalah sedikit imajinasi atau sedikit bantuan orang berpengalaman.

Warna yang Digunakan: Biru Kehijauan (7438); Soneta (L146).

Sentuhan Modern Pada Gaya Mediterania

Perpaduan furnitur modern, balok kayu tiruan, dan elemen dekorasi pedesaan menciptakan ide dekorasi unik yang dapat dijadikan kombinasi yang berbeda antara gaya lama dan gaya baru. Satu-satunya elemen pengikatnya adalah warna. Skema warna yang dipikirkan matang akan menyatukan semua elemen dekorasi untuk menciptakan harmoni yang mengalir lembut di seluruh ruangan.

Skema warna yang cocok dapat diterapkan melalui warna atau wallpaper atau bahkan kombinasi keduanya. Kombinasi yang tepat tidak hanya akan mengikat semua elemen, tetapi juga akan meningkatkan dekorasi dengan sentuhan modern ke tradisional.

Wallpaper yang digunakan: Mimosa

Alasan menerapkan dekorasi Mediterania adalah dekorasi ini sangat popular diantara pemilik rumah dan ada banyak pilihan gaya yang tersedia. Dengan banyak gaya yang berbeda, hal tersebut dapat diterapkan untuk konsep yang lebih luas. Dekorasi kamar tidur hanyalah tentang memilih gaya yang tepat sesuai kepribadian dan perasaan Anda.

Image