5 Cara Menggunakan Warna Untuk Mempengaruhi Suasana Ruangan

Jakarta

5 Cara Menggunakan Warna Untuk Mempengaruhi Suasana Ruangan

Warna bisa memengaruhi suasana hati dan pemilihan warna yang tepat di rumah dan kantor bisa memengaruhi suasana ruangan dan kinerja Anda.

Membaca buku motivasi untuk membangkitkan semangat Anda. Menghitung domba untuk bisa tidur. Bernafas dalam-dalam untuk melepas stres. Kami yakin Anda mencoba semua ini untuk mengatur suasana hati. Tahukah Anda bahwa ada cara lebih mudah yang Anda bisa lakukan di rumah?  

Secara umum, warna dikategorikan dalam 2 jenis, hangat dan sejuk. Merah dan kuning, serta warna-warna terdekat yang berada pada spektrum, adalah warna hangat. Sedangkan warna sejuk meliputi rona biru dan hijau. Warna hangat bisa membuat semangat dan warna sejuk menenangkan.

Berikut adalah 5 warna yang bisa memengaruhi suasana hati Anda.

  1. Ingin meningkatkan energi? Cobalah merah.
    Tidak ada warna yang bisa lebih mengundang perhatian dari pada warna merah. Apakah warna ini sempurna untuk Anda yang menginginkan rumah dengan tampilan yang berani? Bisa ya, bisa tidak. Merah adalah warna yang kuat dan harus digunakan dengan hati-hati. Warna ini ideal untuk area-area seperti ruang keluarga, atau fitur di dinding yang dikombinasikan dengan efek khusus. Ketika menggunakan warna merah, pastikan ruangannya luas dan terpapar cahaya yang cukup.

    Meskipun secara umum warna merah tidak cukup memberikan suasana yang menenangkan untuk kamar tidur, kami percaya warna ini bisa digunakan untuk menciptakan suasana yang bahagia dan penuh gairah jika digunakan dengan hati-hati dan dikombinasikan dengan warna yang lebih tenang atau netral.



    Warna merah juga bisa digunakan di kantor, terutama di ruang rapat dan area-area berenergi tinggi lainnya.
    Diasosiasikan dengan: Cinta, gairah, energi, dan kegembiraan
    Tips warna: Batasi penggunaan warna merah pada 1 dinding, kosen, atau barang-barang seperti karpet, bantal, atau lampu tidur saja.
     
  2. Ingin membuat suasana yang menyenangkan? Serahkan pada warna kuning matahari.
    Warna-warna hangat seperti kuning dan oranye bisa membuat suasana hati lebih baik. Warna ini meniru sinar matahari dan cahaya yang bisa membuat Anda langsung bersemangat. Selain itu, warna ini juga cocok untuk mencerahkan sudut ruangan yang gelap dan memaksimalkan cahaya alami yang sudah ada di ruangan. Namun, seperti warna-warna cerah lainnya, jangan terlalu berlibehin menggunakan warna ini dan gabungkan dengan kuning tua, dan batasi penggunaannya hanya pada satu atau 2 dinding saja.

    Anda juga bisa mengecat dinding dengan tingkatan warna kuning yang berbeda, mulai dari kuning jagung yang pucat, hingga kuning lemon yang terang. Butalah pola garis garis dengan berbagai jenis warna kuning. Kuning mustard bisa digunakan untuk menciptakan suasana yang bersahaja namun bersemangat. Kuning, oranye, dan peach (salem) juga cocok digunakan di ruang makan, karena warna-warna ini berhubungan dengan makanan, dan bisa meningkatkan nafsu makan.



    Kuning membawa cahaya dan sukacita pada rumah

    Diasosiasikan dengan: Kehangatan, kebahagiaan, energi, dan selera makan
    Tips warna: Untuk penggabungan warna kuning atau oranye yang lebih halus, cobalah variasi yang warna yang lebih ringan seperti krem atau salem.
     
  3. Ingin membuat suasana oasis yang tenang? Cobalah lavender.
    Warna pastel terkenal karena efeknya yang menenangkan. Lavender adalah warna yang sangat santai, namun juga tetap terlihat unik dan menarik – alternatif terbaik untuk warna biru dan hijau yang biasa. Sebagai warna penengah antara ungu yang energik dan biru yang suram, warna ini bisa membawa nuansa tenang tanpa menghabiskan energi Anda. Warna lavender cocok untuk kamar tidur dan ruangan yang membutuhkan sedikit cahaya – warna ini memiliki efek membuka ruang.



    Lavender memiliki efek menenangkan, tak peduli seberapa besar ruangannya
      
    Diasosiasikan dengan: Relaksasi, kreativitas, wewangian, spiritualitas
    Tips warna: Lavender bisa dipadukan dengan hijau pucat untuk memberikan efek kontras yang menarik, atau perak untuk tampilan yang mewah.
     
  4. Mencoba untuk melawan kesedihan? Gunakan warna biru dengan benar.
    Biru adalah salah satu warna yang menarik dalam spektrum warna. Namun berhati-hatilah karena warna ini juga sering diasosiasikan dengan depresi. Walaupun menenangkan, warna ini bisa menyedot seluruh energi Anda jika digunakan secara berlebihan. Biru pucat adalah warna yang ideal untuk kamar tidur karena ruangan ini membutuhkan efek menenangkan dari warna ini.



    Biru pastel membuat susana
     yang tentram. 

    Walau begitu, jangan sampai Anda mengecat keempat dinding ruangan Anda dengan warna biru laut, kecuali ruangan Anda memiliki cahaya yang cukup. Gunakan pada fitur di dinding, dan cerahkan warna Anda dengan aksesoris lain. Biru tua juga adalah pilihan yang bagus untuk kosen.

    Diasosiasikan dengan: Kedamaian, tradisi, otoritas, ketulusan
    Tips warna: Padankan warna biru dengan warna pelengkap seperti oranye, atau warna kontras seperti merah atau kuning, dan seimbangkan dengan warna krem untuk membangkitkan energi.
     
  5. Butuh suasana yang meriah?Warna emas adalah pilihan yang tepat.
    Emas adalah warna elite dari surga. Warna ini cocok untuk menandai momen spesial dalam hidup kita. Menggunakan warna emas yang berkilau dan gemerlap bisa memunculkan suasana yang moderen dan meriah. Anda bisa mencoba cat interior berwarna emas lembut bernuansa mutiara pada semua dinding, atau buatlah fitur pada dinding dengan cat interior dengan kilau lembut dan semburat emas. Karena bisa menciptakan suasana mewah, warna emas cocok digunakan pada ruangan yang luas, terutama ruang untuk rapat dan pesta seperti ruang keluarga atau Majlis.



    Emas menciptakan suasana yang meriah.
     
    Diasosiasikan dengan: Kekayaan, moderen, kedermawanan, dan kemegahan.
    Tips warna: Percantik kamar dengan fitur pada dinding berbasis warna emas dengan aksesoris yang terlihat seperti permata atau perabotan dengan warna zamrud, biru royal, atau ungu.
Image